Friday, January 6, 2017

Pembukaan Kemah Pertisaka’ Danrem: Generasi Muda Pion Menjaga Keutuhan NKRI

Danrem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema,S.Sos, membuka bumi Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika (Pertisaka) Tingkat Penegak Se Wilayah Korem 002/PT Tahun 2016, Jum’at (9/9) di pantai Perjuangan (Jono), Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara.

Perkemahan tersebut diikuti 800 anggota pramuka dari seluruh tingkat penegak se wilayah jajaran Korem pantai timur selama dua hari.

Acara juga dihadiri, Bupati Batubara, Wakil Walikota Tanjung Balai H Ismail, Danrim 0208/Asahan Letkol ARM Suhono, Kapenrem 022/PT Mayor Inf Rudi Julianto, jajaran Polres Batubara,dan ratusan Pramuka penegak.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lima,S.Sos dalam arahannya menyampaikan, kegiatan Pramuka memberikan manfaat yang positif bagi generasi muda untuk menumbuhkan kesadaran dalam bela negara dan meningkatkan persaudaraan di kalangan para peserta. Hal itu dapat dilihat bahwa Pramuka telah mempersiapkan diri sehingga mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab,” Sehingga kedepannya generasi muda menjadi pion menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia (NKRI),”kata Danrem.

Menurutnya, perkemahan juga menjadikan pemuda kreatif,inoivatif, tangguh dan terampil yang diharapkan mampu meningkatkan jiwa persatuan dan semangat kebangsaan dengan selalu menjunjung kedisiplinan, cinta tanah air dan bangsa. Sebab generasi muda merupakan harapan bangsa maka pembentukan karakter disiplin dan cinta tanah air menjadi hal yang utama.

“Pramuka menerapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan pribadi, masyarakat banggsa dan negara, tidak mudah menyerah dan tidak mudah terombang ambing dengan pengaruh budaya asing. Hindari prilaku tidak baik yang dapat mengikis moral serta waspadai narkoba dan paham radikal komunis.

Harus pandai mengatisipasi situs-situs radikal, jangan lengah sebab itu akan membuat lemah yang berdampak kekalahan dan membuat kesengsaraan. Karenanya melalui kegiatan perkemahan bakti saka wirakartika (Pertisaka) kita tingkatkan jiwa patriotisme, rela berkorban, cinta tanah air dengan mewujudkan generasi muda yang berkarakter sebagai penentu nasib banggsa kedepan,”pesan Kolonel Inf Gabriel Lema.

Dia juga menghimbau pada para peserta kemah untuk selalu memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta menanamkan sifat harmoni dengan jiwa kasih sayang guna melahirkan hal-hal yang positif dan tidak membeda bedakan identitas suku, ras dan agama,”Sehingga seluruh anggota Pramuka bisa mengedepankan toleransi, kerukunan dan tercipta suasana yang harmonis,”pinta Danrem mengahiri.
Pada kesempatan itu, mewakili komunitas Pramuka, Danrem berterima kasih kepada Bupati Batubara serta masyarakat sekitar yang dijadikan lokasi perkemahan.

Amatan wartawan, pembukaan Pertisaka ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pemotongan kelapa tunas muda. Pemotongan kelapa muda sengaja tidak terbelah yang dimaknai Pramuka tidak terbelah tapi tetap menyatu.

Usai upacara, Danrem didampingi Bupati Batubara dan Dandim 0208/AS menyempatkan meninjau kondisi hamparan pasir putih pantai Perjuangan. Menurut bupati, pengelolaan pantai Jono akan ditingkatkan sehingga dapat memberi manfaat dalam menopang perekonomian masyarakat.

Kapenrem 022/PT Mayor Inf Rudi Julianto menambahkan, perkemahan Pramuka berlangsung dua hari (Jumat – Sabtu) dan rencananya akan ditutup Pangdam I/BB.

Menurut Julianto, Persitaka diikuti Saka Kodim 0203/LTT 100 orang, Saka Kodim 0204/DS 100 orang, Saka Kodim 0207/SML 100 orang, Saka Kodim 0208/AS 200 orang, Saka Kodim 0209/LB 100 orang, Saka Kodim 0201/BS 50 orang, Saka Bhayangkara Batubara 30 orang, Saka Bhayangkara Asahan 30 orang, Saka Bhayangkara Simalungun 30 orang, Saka Bhayangkara Tebing Tinggi 30 orang dan Saka Bhayangkara Tanjung Balai 30 orang.****

No comments:

Post a Comment