Friday, January 6, 2017

Dinas Kesehatan Batubara Operasi Mata Katarak

Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara bekerjasama dengan tim kesehatan Yayasan Matahari Medan melakukan operasi mata katarak di RSUD Batubara, Rabu (24/8).

Kepada wartawan Kadis Kesehatan Batubara, dr. Hj Dewi Chaylati Nasution M.Kes, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Khadijah SST, M.Kes mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 23 – 24 Agustus.

Katarak adalah perubahan lensa mata yang menyebabkan kebutaan sehingga membuat ketidakmampuan seseorang untuk melihat apapun dan bahkan cahaya.

“Negara-negara dunia ketiga seperti Indonesia penyebab mata buta adalah infeksi, katarak, glukoma, cidera dan ketidak mampuan untuk membeli kacamata”,katanya.

Dia juga menjelaskan, jumlah pasien yang hadir dalam operasi sebanyak 99 orang, namun hanya bisa di operasi dan dapat di tampung sesuai kuota 50 orang yang di tanggung oleh APBD Batubara.

Dinkes Batubara lanjut Khadijah, menyarankan agar bagi masyarakat yang tidak tertampung dapat juga melakukan operasi di RSUD Batubara baik itu umum maupun yang memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Sebelum dioperasi para pasien terlebih dahulu scening ulang oleh tim kesehatan Medical Advisor, dr. Pinto Y Pulungan Sp,M(K).

“Kami sarankan agar bagi masyatakat yang tidak tertampung dapat juga melakukan operasi mata katarak di RSUD Batubara baik secara umum maupun yang memiliki kartu BPJS”, ujarnya.

Muhklis, warga yang melihat kegiatan itu sangat mengapresiasi yang telah membantu pasien dalam  operasi katarak, “Salut atas kegiatan tersebut karena dapat membantu bagi masyarakat yang tidak mampu. Kita mengharapkan program ini terus berjalan demi menciptakan masyarakat Batubara bebas katarak,”pintanya.

No comments:

Post a Comment