Wednesday, January 4, 2017

2016Sepekan Ops Zebra, 145 Ditilang


Sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2016 berlangsung, Polres Batubara telah melakukan Tindakan Langsung (Tilang) terhadap 145 pelanggaran dan menegur 70 orang , baik kenderaan roda dua maupun roda empat.
Kapolres Batubara AKBP S Bonaparte Silalahi SiK melalui Kasat Lantas AKP Nasib Manurung, Rabu (23/11) kepada Wartawan menjelaskan, tehitung sudah seminggu ops zebra toba digulirkan tanggal 16 kemarin, jumlah terbesar pelanggaran didominasi pengendara roda dua yang berkendara tanpa menggunakan helm sebanyak 44 kasus disusul penggunaan lampu utama dengan 29 kasus. Kelengkapan surat roda dua 13 kasus dan berboncengan lebih dari 1 orang sebanyak 12 kasus.
“Pelanggaran lain juga berbalik arah saat membelok arah tanpa memberi isyarat dengan dua kasus,”ujarnya.
Menurut Manurung, pelanggaran juga terjadi pada pengendara roda empat sebanyak 32 kasus dengan terbanyak pelanggaran melebihi muatan sebanyak 19 kasus.
Pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 6 kasus, melawan arus 4 kasus dan kelengkapan surat dengan 3 kasus.
“Seminggu ini operasi zebra di Batubara, terjadi dua kasus kecelakaan dengan korban ringan satu orang, luka berat satu orang dengan kerugian materiel sebesar Rp.2.160.000,”terangnya.
Karenanya Manurung berharap dengan adanya pelaksanaan operasi ini kesadaran para sopir dan pengendara roda dua bisa meningkat untuk keamanan, keselamatan ,ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. “Kalau masih bisa kita maafkan, para pengendara dan pengemudi cukup kita berikan teguran supaya pelanggaran tidak terulang lagi”,katanya.

No comments:

Post a Comment