Wednesday, December 28, 2016

Habiskan Uang hasil Tipuan di Dunia Malam, Oknum Pegawai BRI di Sel


aksi tipu-tipu oknum pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kebun Kopi Kabupaten Batubara, Cabang Perdagangan Kabupaten Simalungun berakhir ditangan tim reserse ekonomi Polres Batubara.
“Pelaku adalah Bambang Irawan Tanjung (31) warga Dusun II, Desa Paluk Urau, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, diamankan dikediamannya Jalan Tanah Merah Kabupaten Batubara saat turun dari mobil, “kata Kapolres Batubara AKBP S Bonaparte Silalahi SIK melalui Kasat Reskrim AKP Rahmadani SH MH didampingi Kanit Ekonomi Ipda Dionisius Yudi C,STK,kepada Wartawan, Kamis (22/9).

Dikatakan, penangkapan itu berdasarkan LP Nomor :218 VII/SU/ Res /Batubara 2016 tanggal 20 Juli 2016 atas laporan Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Perdagangan Kabupaten Simalungun, Muhni. Akibatnya nasabah dan perusahaan dirugikan sebesar Rp 3,7 milliar dengan korbannya 30 orang lebih. Dari tangannya diamankan Dokumen kredit, Selip penarikan diduga dipalsukan tanda tangannya.

“Modusnya pelaku sebagai Mantri (tukang surfei, dan menganalisa) dilapangan sehingga leluasa melakukan kredit piktif, manarik dana nasabah tanpa diketahui nasabah,”kata Rahmadani.

Disilain Kanit Ekonomi Ipda Dionisius Yudi C,STK juga menjelaskan, pelaku mulai menjalankan aksinya dari tahun 2015 hingga para nasabah mendatangi Bank BRI Unit Kebun Kopi karena ada uang direkening nasabah simpan pinjam dan kredit yang hilang. Kemudian Pimpinan Cabang BRI Perdagangan turun melakukan audit diketahui berangkas kosong. Atas kerugian para nasabah digantikan oleh BRI Cabang.

“Tersangka sudah bekerja di Bank itu selama delapan tahun dan menjalankan aksinya tidak sendiri, dia dibantu orang dalam dibagian teler yang saat ini DPO,”ujar Ipda Dionisius.

Menurutnya, kasus ini terus dikembangkan sehingga menemukan titik terang. Tersangka melanggar pasal 49 ayat 1, dari UU No 10 tahun 1998 tentang perubahan atas UU No 7 tahun 1992 tentang perbankan.

Sementara itu menurut keterangan tersangka, uang yang didapatnya abis untuk poya-poya main dunia malam diskotik dan Judi Online, “Habis duitnya buat heppy dan judi,”terangnya.****

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.